Wordpress VS Joomla VS Drupal

WordPress VS Joomla VS Drupal

Artikel

WordPress VS Joomla VS Drupal

WordPress Vs Joomla Vs Drupal adalah tiga CMS (Conten Management System) yang paling dikenal dan dipakai oleh orang banyak. Ketiganya memiliki persamaan dasar yang sama yaitu merupakan open source software, menggunakan database MySQL dan mendukung tampilan website. Ketiganya menggunakan tema, plugin, extensi, modul atau template. Namun dari ketiganya wordpress vs joomla vs drupal memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut akan membantu kalian mana yang cocok untuk keperluan sehari-hari.

1. WordPress

WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan karena dari segi penggunaan yang lebih mudah tanpa perlu memahai bahasa coding Anda cukup menginstal plugin dan tema, fitur-fitur terbilang lengkap, tampilan sederhana,Β  Oleh karena itu WordPress sudah tidak asing lagi, banyak dari perusahaan besar mau pemula menggunakan CMS yang satu ini.

WordPress sendiri pun memiliki komunitas yang terampil yang tersebar di berbagai wilayah di dunia. Bukan hal yang mengejutkan jika WordPress memiliki pengguna dan pengembang yang sudah terampil. Sudah banyak blog, buku hingga video tutorial yang membahas CMS WordPress.

2. Joomla

Perbedaan Joomla dari WordPress adalah Joomla merupakan CMS kedua yang banyak digunakan. Cara penginstalan pun sama dengan WordPress namun sedikit lebih lama. Joomla sendiri merupakan CMS yang lebih powerful tetapi memiliki kerumitan yang lebih bagi pemula dibandingakan WordPress.

Di Joomla setelah melakukan penginstalan, Anda bisa mendapatkan built functions seperti SEO dan Paket Bahasa. Joomla memiliki kemampuan untuk menambahkan meta description, keywords, dan lainnya.

Joomla pun memberikan banyak ektensi yang bisa membuat penggunanya merubah tampilan website. Tiga ektensi utama yang bisa digunakan untuk merubah tampilan Joomla adalah Komponen, Plugin dan Modul. Komponen adalah bentuk ektensi paling besar, perubahannya berkaitan dengan admin dan situs website. Plugin adalah ekstensi yang berkaitan dengan konten yang ada di website sepeti “load more articles” atau “read more”. Sedangkan Modul adalah ekstensi yang paling kecil biasa digunakan untuk mempercantik tampilan sepeti menu, banner atau gambar.

Baca Juga : Cara Mengelola Website Bagi Pemula

3. Drupal

CMS ke 3 adalah Drupal, CMS ini tidak hanya untuk mengelola konten namun juga dapat digunakan untuk framework. Pengguna yang masih pemula kemungkinan akan merasakan kesulitan untuk menggunakan CMS Drupal ini. Drupal mempermudah penggunannya untuk menambahkan konten namun cukup sulit ketika pengguna ingin merubah tampilan dan menambahkan beberapa elemen selain konten. Berikut dengan tampilan dashboard admin yang sangat komplek menjadikan kurang user friendly.

Drupal sangat aman dan fitur plugin yang lengkap. Mereka menggunakan sistem pengaman yang dikelola para ahli, bahkan tim yang lebih besar. Setiap plugin memiliki fungsinya masing-masing, plugin tersebut bisa di mix n match untuk mendapatkan fungsi sesuai keinginan. Bedanya WordPress dan Joomla, dimana plugin Drupal tidak bisa di modifikasi. Oleh karena itu plugin Drupal lebih beragam.

Selain plugin yang lengkap, Drupal memiliki fitur sorting yang dapat memudahkan pengguna untuk mensortir sesuai ketentuannya sendiri.

Itulah perbedaan dari ketiga CMS Terbaik WordPress, Joomla dan Drupal. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangnya masing-masing, So menurut Anda manakah CMS yang menjadi favorit atau Anda ingin mencoba ketiganya…? πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *