nama domain website

Tips Memilih Nama Domain Website

Artikel

Tips Memilih Nama Domain Website

Bagi Anda yang pertama kali membeli domain pasti akan kesulitan menentukan nama domain website yang tepat. Memilih nama domain sebenarnya sama dengan memilih nama untuk brand perusahaan atau bisnis Anda. Anda membutuhkan waktu dan banyak pemikiran dalam menentukan nama domain, domain Anda akan menjadikan identitas Anda di internet sehingga baiknya memastikan bahwa nama yang Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda dan mudah ditemukan.

Berikut tips memilih nama domain yang tepat bagi website Anda.

1. Gunakan nama domain yang kreatif dan mudah diingat

Kenapa? Karena sebuah domain akan menjadikan identitas bisnis Anda di internet. Anda harus memilih nama domain yang kreatif dan mudah diingat oleh pengunjung website Anda.

2. Pastikan nama domain Anda mudah diketik

Maksudnya, nama Anda jangan sampai sulit diketik dengan ejan-ejan yang gaul atau kata-kata yang susah di ingat sehingga pengguna.

3. Gunakan nama domain yang pendek

Jika nama domain Anda panjang dan ribet, akan ada kemungkinan pelanggan Anda akan kesulitan untuk mengingat nama website Anda. Usahakan untuk memilih nama domain Anda setidaknya tidak lebih dari 15-17 karakter.

4. Gunakan keyword yang berhubungan dengan website Anda

Jika domain website Anda berhubungan dengan bisnis, maka usahakan guna salah satu nama produk atau jasa Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis laundry, masukan kata kunci laundry di domain. Menggunakan keyword pada domain akan membantu seo website Anda.

5. Gunakan ekstensi domain yang mudah diingat

Ekstensi adalah akhiran yang ada pada domain website Anda sepeti .com atau .net. Sampai saat ini ekstensi .com masih menjadi yang paling populer dan banyak penggunanya.

Selain dua ektensi domain diatas, berikut ekstensi lainnya yang dapat digunakan:

.co biasany digunakan untuk perusahaan, website komersial, dan komunitas
.info biasanya digunakan untuk website-website yang bersifat informast
.org biasanya digunakan untuk website organisasi non komersial dan non profit

dan masih banyak lagi ekstensi yang lainnya.

6. Lindungi dan bangun brand Anda

untuk melindungi brand Anda, baiknya Anda membeli domain dalam beberapa ekstensi atau nama domain yang berbeda. Ingin agar pesaing Anda tidak mendaftarkan versi atau nama domain website Anda. Selain itu dengan memiliki beberapa versi ekstensi dan nama domain Anda, pengunjung website Anda tetap akan terhubung dengan Anda.

7. Hindari penggunaan angka dan hyphens

Sebaiknya Anda hindari penggunaan angka dan hyphens pada nama domain Anda. Penggunaan angka dan hyphens akan mempersulit konsumen Anda mencari dan mengingat nama website Anda. Sebagai contoh jika nama whatsapp menggunakan hyphens menjadi whats-app akan terlihat aneh dan tidak akan seterkenal sekarang. Jadi usahakan hindari penggunaan angka dan hyphens.

8. Research

Dalam memilih nama domain pastikan bahwa nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak Anda bisa cek disini. Oleh karena itu pastikan nama domain Anda bisa digunakan.

Anda pun bisa menggunakan tools berikut untuk mengecek nama domain, domainr atau domainsbot.

Demikian tips memilih nama domain website, Anda harus segera bergerak cepat dalam memilih nama domain karena bisa saja nama domain yang Anda inginkan sudah dipakai orang lain dengan konsep bisnis yang sama. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *