Marketplace atau Toko Online

Pilih Mana Marketplace atau Toko Online?

Artikel

Pilih Mana Marketplace atau Toko Online?

Jika Anda ingin berencana berjualan melalui internet ada dua pilihan yang dapat membantu Anda berjualan yaitu Marketplace atau Toko Online. Lalu mana yang akan Anda pilih platform yang tepat dan lebih baik?

Yuk simak pilih Marketplace atau Toko Online !

Marketplace merupakan platform jual beli baik berupa website atau aplikasi yang dikelola oleh suatu perusahaan (pihak ketiga) untuk menfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli secara online.

Apa Saja Kelebihan Berjualan di Marketplace?

1. Lebih Mudah Memulai

Marketplace memungkinkan Anda bisa langsung berjualan online kapan saja. Anda hanya menentukan marketplace mana yang akan ingin Anda gunakan dan memulai mendaftar. Isikan semua data dengan benar baik email, no telepon dan alamat.

Sekarang sudah banyak sekali marketplace yang memudahkan Anda untuk berjualan online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan masih banyak yang lainnya.

2. Hanya Perlu Modal Minimal

Selain mudah, mendaftar di marketplace tidak dikenakan biaya jika hanya sebatas penjualan reguler tanpa menggunakan fitur premium yang disediakan marketplace.

Atau Anda hanya berbagai profit kepada marketplace sebesar 1% jika melakukan upgrade keanggotaan. Keanggotaan ini berguna untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli dan promosi produk.

3. Sistem Telah Tersedia

Anda tidak perlu repot merancang sistem bagi bisnis online. Marketplace sudah menyediakan sarana berjualan untuk Anda dengan baik mulai dari website dan platformnya, design menarik, alur pembelian dan sebagainya.

Kemudian Anda hanya perlu mengunggah foto terbaik produk Anda, menjelaskan produk Anda.ย 

4. Pasar Sudah Terbentuk

Dimana ketika berjualan di marketplace, pasar sudah mudah terbentuk. Hal ini karena perusahaan marketplace yang melakukan promosi dan branding besar-besarnya. Jadi Anda tidak perlu repot mencari pembeli hanya saja Anda harus pintar-pintar bersaing dengan toko lain yang berjualan di marketplace yang sama.

5. Tidak Perlu Straregi Marketing

Dalam marketplace Anda tidak perlu bingung dalam melakukan strategi marketing, dimana marketplace sendirilah yang akan melakukan startegi marketing tersebut agar dapat menarik pelanggan untuk berkunjung ke platform dan website mereka untuk menemukan berbagai produk Anda.

Selain kelebihan marketplace, Berikut Kekurangan dari Marketplace:

1. Persaingan dengan Kompetitor

Jika Anda berjualan di marketplace Anda akan menemukan orang lain yang berjualan produk yang sama. Disana akan menemukan persaingan harga dan kelebihan produk yang mereka tawarkan.

2. Margin Laba Terbatas

Imbas dari berjualan di marketplace adalah persaingan harga!

Hal ini dilihat dari persaingan dengan kompetitor yang berani mengambil harga yang lebih murah dan memberikan keuntungan yang lebih sehingga laba yang diperoleh kecil.ย 

3. Tidak Dapat Melakukan Retargeting

Sistem penjualan di marketplace bertujuan memudahkan transaksi. Mulai dari informasi harga, deskripsi produk, tata cara pengiriman dan lainnya. Namun, semua data transaksi itu mutlak milik marketplace.

Sehingga ada kesulitan dalam menjual produk Anda kembali kepada konsumen yang sama (retargeting). Anda tidak ada informasi yang dimiliki untuk membangun sebuah daftar konsumen.

4. Kurang Mendukung Branding

Biasanya dalam transaksi di marketplace pembeli hanya mengetahu produk kita saja tanpa tahu brand kita, padahal membangun brand sangat penting untuk membantu meningkatkan engagement dengan konsumen. Engagementย adalah keterlibatan konsumen dengan produk Anda. Dengan engagementย terjaga akan menciptakan konsumen yang loyal untuk jangka panjang.

5. Pasar Terbatas

Pada umumnya marketplace menyasar pada pasar tentu, jika jangkau Anda ingin menjangkau seluruh dunia maka marketplace bukan pilihan tepat.

Halaman Selanjutnya Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *