persamaan seo dan sem

Persamaan SEO dan SEM, Apa saja?

Artikel

Kesamaan SEO dan SEM

Pada dasarnya walaupun berbeda, SEM dan SEO ternyata mempunyai kesamaan dalam membangun strategi marketing secara online. Bagi orang awan mungkin akan kesulitan membedakannya, untuk melihat perbedaannya bisa kalian baca diΒ Perbedaan SEO dan SEM pada Website.Β Lalu apa saja persamaan yang dimiliki SEO dan SEM?

1. Keduanya Meningkatkan Visibilitas di halaman pencarian

Dua hal ini dapat membantu website kita muncul dan meningkatkan peringkat teratas di halaman pencarian sesuai dengan kata kunci tertentu. Hal ini sangat mempengaruhi dan membantu untuk menaikan trafik website.

2. Membutuhkan Pemahaman Audiens

Agar strategi menggunakan SEO dan SEM berhasil, kamu harus memahami bagaimana target audiens dan bagaimana audiens bertindak. Dari mengetahui kebutuhan audiens, hingga apa saja sebenarnya mereka cari. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang relevan dengan solusi yang audiens butuhkan.

3. Bertujuan Meningkatkan Trafik

Tujuan SEO dan SEM adalah untuk meningkatkan trafik pengunjung di hasil pencarian sesuai dengan kata kunci. Jadi semakin baik visibilitas suatu website akan semakin baik pula trafik yang akan datang.

4. Memerlukan Riset Kata Kunci

Langkah pertama yang paling penting dalam penerapan SEO dan SEM adalah dengan melakukan riset kata kunci yang tepat dan terbaik. Sehingga akan mudah ditemukan dan bersaing dengan para website lain.

Dari Persamaan SEO dan SEM, Manakah yang terbaik ?

Setelah tahu perbedaan dan persamaan dari keduanya, Anda pasti setidaknya sudah memiliki gambaran mana strategi yang pas untuk diterapkan.

Agar yakin dengan pilihan Anda, berikut hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih yang cocok antara SEO dan SEM.

1. Pertimbangkan Pesaing Anda

Sebelum memutuskan untuk melawan pesaing Anda, sebaiknya lihat dahulu strategi apa yang mereka gunakan. Bagaimana performa mereka dihasil pencarian, apa hanya menggunakan teknik SEO atau SEM saja atau keduanya, cari tahu kata kunci yang mereka gunakan.

2. Seberapa Tahu Anda Mengenai Industri yang Digeluti

Apabila Anda sudah bergelut pada suatu industri dalam waktu yang cukup lama, Anda pasti sudah paham apa yang audiens inginkan. Jadi sebaiknya Anda mulai merencanakan strategi SEO jangka panjang daripada menggunakan SEM.

Namun, jika belum yakin reaksi audiens dan kompetitor, Anda bisa menggunakan SEM untuk testing sambil membuat rencana SEO jangka panjang. Dari testing ini Anda bisa menguji ide-ide, produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan kepada audiens nantinya.

3. Pertimbangkan Biaya

Sebelum memutuskan antara SEO dan SEM, sebaiknya Anda melakukan riset mengenai biaya yang perlu Anda keluarkan.

Sesuaikan biaya dengan anggaran Anda. Apakah anggaran Anda cukup hanya untuk salah satunya saja? Atau anggaran bisa disesuaikan untuk melakukan SEO dan SEM disaat yang sama?

4. Pertimbangkan Umur Website Anda

Jika Anda baru saja membuat website sebaiknya menggunakan SEO dan SEM di saat yang sama. Karena SEM bisa membantu untuk mendatangkan trafik di awal-awal, sambil Anda mengoptimasi SEO.

5. Lihat Status Website Anda

Sebelum Anda memilih antara SEO atau SEM, lakukan riset terhadap status website Anda terlebih dahulu. Riset ini bertujuan untuk mengetahui apakah website Anda punya potensi untuk tumbuh menggunakan strategi SEO yang sudah berjalan.

Apabila strategi SEO Anda mendapatkan status yang buruk, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan SEM. Anda bisa memanfaatkan SEM untuk menarik trafik, selagi Anda memperbaiki strategi SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *