perbedaan seo dan sem

Perbedaan SEO dan SEM pada Website

Artikel

Jika Anda sudah mempunyai website dan ingin mengoptimasi agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google.  Sebaiknya Anda mengetahu terlebih dahulu perbedaan antara SEO dan SEM.

Keduanya memang merupakan teknik strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi atas di Google. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui agar bisa memberikan hasil maksimal.

Perbedaan SEO dan SEM

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya optimasi yang bertujuan untuk mendapatkan trafik tinggi dari hasil pencarian organik.

Tak hanya menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga membantu mendapatkan jenis trafik yang tepat sesuai tujuan website Anda. Namun, hal ini hanya bisa dicapai apabila Anda mengikuti aturan-aturan yang diterapkan oleh mesin pencari.

Baca Juga : Apa itu SEO? Konsep Dasar dan Indikator Utamanya

Apa itu SEM?

SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi marketing berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian. 

Dari pengertian diatas kita bisa jabarkan perbedaan yang mendasar mengenai SEO dan SEM, apa saja?

1. Terdapat tulisan “iklan” di hasil pencarian.

Hasil pencarian dari penerapan SEM dan SEO itu berbeda. Iklan berbayar yang muncul dari penerapan SEM dianggap sebagai iklan. Bisa dilihat contoh gambar dibawah ini yang ada tulisan tebal “iklan” merupakan contoh SEM sedangkan dibawahnya adalah SEO.

seo dan sem

2. SEO Gratis dan SEM Berbayar

SEM adalah iklan berbentuk PPC. Sehingga Anda harus punya anggaran untuk SEM agar iklan bisa terus ditampilkan. Sementara SEO adalah strategi yang bisa Anda terapkan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

3. Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO

Memang SEM tak langsung muncul seketika Anda memasangnya, karena tetap butuh proses dan persaingan dengan pemasang iklan lainnya. Tapi, proses ini relatif lebih cepat dibandingkan SEO.

Anda pun bisa mengatur anggaran untuk mengiklankan website Anda dan mematikan / menghidupkan iklan Anda kapan saja. Sedangkan SEO membutuhkan waktu lebih lama melihat hasilnya karena persaingan lebih ketat.

4. SEM Bisa Memilih Target Audience

Memang, baik SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tapi, Anda hanya bisa memilih target audiens dengan SEM. Pada SEM, Anda bisa memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umurnya, lokasi, dan masih banyak lainnya.

5. SEO Bagus untuk Jangka Panjang

SEM itu hanya aktif selama Anda membayar iklan untuk tampil di hasil pencarian. Sekali Anda mematikan iklan tersebut, maka strategi SEM Anda sudah berakhir. SEO justru sebaliknya. Sebab, SEO ini adalah strategi yang berkembang seiring waktu dengan hasil yang bisa bertahan lebih lama pula.

Itulah 5 perbedaan antara SEO dan SEM sebelum Anda menerapkan strategi mana yang terbaik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil lebih cepat di hasil pencarian Google sebaiknya Anda menggunakan teknik SEM atau Anda menyukai tantangan dan ingin digunakan jangka panjang Anda bisa menggunakan teknik SEO dalam strategi website Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *