perbedaan online shop marketplace dan ecommerce

Perbedaan Marketplace, E-commerce dan Online Shop

Artikel

Perbedaan Marketplace, E-commerce dan Online Shop

Mungkin bagi Anda yang masih belum paham mengenai marketplace, e-commerce dan online shop disini kami akan jelaskan ketiganya yang sebenarnya hampir sama fungsinya sebagai media penjualan tapi kami akan jabarkan perbedaan dari ketiganya marketplace, e-commerce dan online shop. Simak yuk !

Pengertian Marketplace, E-commerce dan Online Shop itu apa?

Marketplace merupakan website pihak ketiga yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli di internet. contohnya Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dan masih banyak lainnya.

E-commerce biasanya sering disebut toko online, merupakan website yang digunakan untuk menjual produk-produk dari pemilik website saja. Produk disini bisa terbatas hanya satu brand atau produk bermacam-macam brand tetapi produk tersebut tetap dijual oleh satu penjual saja yaitu pemilik website itu sendiri.

Online ShopΒ memiliki fungsi yang sama sebagai media penjualan hanya saja online shop dilakukan di akun sosial media. Contohnya Facebook dan Instagram yang sangat populer.

Perbedaan Marketplace, E-commerce dan Online Shop

Sebenarnya dari pengertiannya saja Anda bisa mengetahui perbedaannya tetapi itu tidak cukup, disini kami akan jelaskan faktor apa saja yang menjadi perbedaan dari marketplace, e-commerce dan online shop.

1. Biaya

Untuk penggunaan marketplace dan online shop tidak memerlukan biaya hanya tinggal mendaftarkan akun langsung bisa berjualan. Tetapi jika Anda ingin menikmati fitur premium yang lebih lengkap Anda harus mengeluarkan biaya misalkan facebook ads atau instagram ads.

Berbeda dengan e-commerce atau toko online, Anda perlu mengeluarkan biaya di awal tetapi memiliki sebuah investasi jangka panjang dan bisa dikatakan kalau hasil yang didapatkan lebih besar dari pengeluaran di awal.

2. Tingkat Kesulitan

Untuk marketplace, sangat mudah Anda tidak perlu repot untuk mengelola produk. Anda bisa langsung daftar dan berjualan.

E-commerce atau toko online bagi Anda yang paham akan pengelolaan website sebenarnya mudah tetapi Anda harus paham bagaimana optimasi seo hingga memastikan website Anda tetap aman dan baik untuk dikunjungi oleh pengunjung.

Sedangkan untuk online shop susah-susah gampang, sebab media sosial bukan sebagai tempat berjualan maka dibutuhkan keahlian khusus dan akun khusus bisnis.

3. Barang yang Dijual

Jenis barang yang dapat dijual dari ketiga tempat marketplace, e-commerce dan online shop apa saja tidak ada perbedaan hanya saja barang yang dijual tidak menyalahi aturan atau berjualan barang yang dilarang.

4. Promosi

Dari segi promosi marketplace dan online shop memiliki kesamaan yaitu tidak memiliki kendali penuh dalam melakukan promosi hanya saja di marketplace dan online shop Anda bisa menggunakan fitur premium untuk melakukan promosi dan menjangkau lebih banyak pengunjung.

Sedangkan untuk e-commerce atau toko online Anda harus melakukan promosi sendiri dengan bantuan media sosial, digital marketing, mengumpulkan lead dan masih banyak lainnya sehingga jangkauannya lebih luas.

Halaman selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *