Penyebab Website Down

Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Artikel

Website Anda tiba-tiba tidak bisa diakses? jangan panik dan bingung. Lebih baik cari tahu dulu penyebab website down dan segera lakukan perbaikan sebelum performa webiste Anda menurun.

Banyak sekali penyebabnya, disini kita akan bahas apa saja penyebab website down hingga bagaimana cara mengatasinya. Simak Yuk!

Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan website tidak bisa diakses. Apa saja penyebab website down?

1. Overload Trafik / Pengunjung 

Satu sisi yang mengakibatkan website down tidak bisa diakses adalah karena membludaknya trafik yang mengunjungi website. Website sendiri tersimpan dalam server, jika server kita melebihi resource kapasitas maka server tidak bisa melayani permintaan data untuk ditampilkan.

Untuk menangani hal tersebut bisa dengan menaikan limit kapasitas server jika website Anda memiliki banyak pengunjung.

2. DNS Bermasalah

Penyebab website down berikutnya, bisa saja karena DNS bermasalah. DNS merupakan sistem yang memudakan komunikasi internet dengan penggunaan URL. Dengan begitu pengguna tidak perlu mengingat deretan angka alamat IP ketika mengunjungi website.

Jika terjadi permasalah karena DNS, silahkan mengecek pengaturan DNS di Cpanel sudah sesuai atau belum. atau jika mengalami kesulitan bisa menghubungi kami untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Serangan Hacker

Penyebab website down yang lain adalah karena adanya serangan hacker. Ada banyak serangan hacker yang dapat mengganggu website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DDoS.

Serangan yang sering digunakan sebagai penyebab server website down adalah DDoS. Dalam aksinya, peretas akan membanjiri website dengan trafik palsu sehingga server kewalahan melayani permintaan pengguna.

Serangan DDoS biasanya ditujukan ke website dengan sistem keamanan yang rendah. Oleh karena itu, selalu tingkatkan keamanan website Anda untuk mencegah hal ini. Bila perlu, Anda bisa pakai layanan keamanan dari pihak ketiga, seperti CloudFlare.

4. Maintenance Server

Maintenance server merupakan kegiatan rutin penyedia layanan hosting dalam upaya pemeliharaan server. Maintenance bisa berupa update fitur hingga peralatan (hardware) atau pengecekan rutin lainnya.

Proses maintenance tentu membuat akses website menjadi terkendala. Bahkan, kadang tidak dapat diakses sama sekali untuk waktu tertentu. Untungnya, sebagian besar maintenance dilakukan di luar jam sibuk. Jadi, tidak terlalu mempengaruhi kegiatan bisnis.

Sebagai pemilik website, Anda cukup menunggu proses maintenance yang sedang berlangsung. Bahkan, jika pihak penyedia hosting sudah menginformasikan jadwal maintenance, Anda bisa saja menunda kegiatan promo sales atau update website di waktu yang sudah ditentukan tersebut.

5. Data Center Down

Data center akan terus bekerja dan berjalan, Di dalam data center juga ada berbagai proses seperti backup data, sinkronisasi, hingga proses olah data yang lain. Terkadang hal tersebut menyebabkan data center mengalami sedikit masalah yang mengakibatkan server down. Kebanyakan penyedia layanan hosting akan segera menanggulangi masalah tersebut dengan cepat, Mereka akan menyiapkan pencegahan jika hal tersebut terjadi.

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang kamu sudah tau ‘kan apa saja penyebab website down? Sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di website-mu, sekarang kamu sudah tau setidaknya 5 penyebab yang sering membuat website menjadi down.

Semoga di kemudian hari, kamu dapat memperkirakan tindakan apa yang perlu dilakukan. Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog nyicilwebcom. Semoga artikel ini membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *