pay per click

Apa Itu Pay Per Click (PPC) Dalam Bisnis Online

Artikel

Dalam dunia online untuk memasarkan suatu produk di era digital sudah tidak asing lagi selain lebih hemat, efektif dan efesiensi, dimana saat ini mayoritas masyarakat yang terhubung dengan internet sudah banyak. Teknik pemasaran ini dikenal dengan teknik digital marketing salah satunya menggunakan cara Pay Per Clik atau disebut juga PPC.

Berbeda dengan cara menggunakan teknik seo, tebik pay per click ini termasuk kedalam search engine markting.

Lalu apa Pay Per Click itu?

Pay per click (PPC) adalah suatu teknik model internet marketing dimana setiap marketer (pemasang iklan) hanya membayar jika iklannya diklik oleh target pengunjung. PPC bisa dikatakan sebagai cara membeli kunjungan ke website Anda dan bukan melalui trafik secara organik.

Sistem periklanan Pay per click (PPC) ini dominan digunakan oleh (marketer) pemasang iklan yang dikeluarkan oleh perusaaan besar seperti Google, Twitter, Facebook dan Instagram.

Kenapa Perlu PPC?

Mungkin ada dari Anda yang berbikir mengapa perlu menggunakan iklan Pay per click (PPC) kalau Anda bisa mendapatkan trafik secara organik dan gratis? Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan iklan Pay per click (PPC) untuk memaksimalkan trafik website yang Anda dapat.

1. Budget Lebih Terkontrol

Hal yang paling terpenting dalam menyusun startegi marketing adalah budget. Biasanya untuk masang iklan dibutuhkan biaya yang besar, namun dengan menggunakan PPC Anda bisa mengontrol budget sesuai keinginan. Anda bisa mengatur budget iklan bulanan atau harian sesuai dengan hasil performa iklan.

2. Dapat Mengatur Target Audiens Lebih Tepat

Memasang iklan dengan menggunakan teknik Pay Per Click bisa membantu kamu mendapatkan banyak customer. Karena kamu bisa memilih profil audience sesuai dengan yang kamu inginkan.

Saat ini juga sudah tersedia banyak iklan Pay Per Click yang bisa kamu atur sendiri. Misalnya kamu bisa mengatur iklan berdasarkan demografi, hobi, usia, dan lain sebagainya.

3. Return on Investment (ROI) Yang Lebih Besar

Salah satu alasan mengapa PPC popular adalah karena Anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan PPC, kemungkinan besar Anda akan mendapat ROI yang lebih besar. Iklan berbayar ini bekerja lebih efektif karena audience iklannya sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Hasil Lebih Cepat

Berbeda dengan usaha SEO organik yang membutuhkan waktu lama untuk dapat melihat hasilnya. Dengan Pay Per Click, Anda bisa memperoleh hasil dari iklan dalam waktu yang relatif cepat. Jadi Anda bisa mendapatkan visitor lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

Iklan pay per click tidak hanya disediakan oleh Google saja. Tetapi hampir semua platform media sosial juga menyediakan sistem periklan seperti Facebook, Twitter dan Instagram dengan menerapkan model sistem pay per click.

Anda bisa menggunakan semua secara bersamaan atau salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak membebani anggaran.

Apa saja layanan iklan dari Googe, Facebook dan Instagram? Bagaimana cara membuatnya.

1. Google Ads

Salah satu produk besutan Google di media periklanan adalah Google Ads. Sebelumnnya nama Google Ads ini dikenal dengan nama Google Adwods. Google Ads adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Google Ads adalah sistem iklan PPC paling popular di dunia. Dan sebagian besar baik di Indonesia maupun global lebih mendominasi menggunakan search engine (mesin pencarian) menggunakan Google. Artinya iklan Anda kemungkinan besar akan dilihat lebih banyak orang jika menggunakan pay per click dari Google.

2. Facebook Ads

Iklan pay per click dari Facebook Ads juga dapat Anda pertimbangkan, jika Anda ingin menjaring konsumen melalui media sosial.

Banyaknya pengguna Facebook di Indonesia menjadikan platform tersebut efektif untuk menjangkau calon pelanggan Anda di dunia maya. Untuk dapat membuat pay per click di Facebook Ads, Anda perlu membuat halaman Facebook terlebih dahulu.

3. Instagram Ads

Selain Facebook ads yang telah dijelaskan sebelumnya, Instagram ads bisa Anda gunakan sebagai media ilklan pay per click dengan konsep yang hampir sama,Β  Insragram Ads lebih menjangkau secara visualisasi iklan gambar. Cara membuatnya juga Anda harus memiliki halaman facebook terlebih dahulu karena Instagram saat ini sudah menjadi bagian dari Facebook, platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager.

Kesimpulan

Pay per click adalah salah satu model iklan paling efektif dan efisien yang harus Anda terapkan di bisnis Anda pada era digital ini. Terutama apabila calon pelanggan Anda adalah orang-orang yang sudah terhubung dengan internet dan sering menggunakan media sosial. Selamat membuat iklan pay per click!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *