peringkat website

Meningkatkan Peringkat Website di Google

Artikel

Semua pemilik website tentunya menginginkan sekali mendapatkan peringkat pertama di Google dan dibanjiri pengunjung setiap saat. Website dalam dunia bisnis online menjadi faktor penentu karena memiliki fungsi dan peran yang sangat penting.

Sebagian besar orang mungkin akan terpikirkan tentang SEO untuk mendapatkan peringat website di mesin pencarian. Jika iya dan Anda belum mendapatkan hasil yang memuaskan mungkin Anda perlu mencari faktor yang mempengaruhi terhadap rangking / peringkat website di Goolge Anda.

Algoritma hasil pencarian tidak hanya dipengaruhi oleh kata kunci. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap peringkat website Anda di hasil pencarian. Beberapa diantaranya adalah broken link, berapa lama waktu pengunjung di website Anda, jumlah view, bounce rate, kualitas inbound dan outbound link dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, di artikel ini akan membahas beberapa cara untuk meningkatkan peringkat website di Google dan apa hubungan antara SEO dan website usability?

 Apa itu website usability?

Website usability adalah penggabungan berbagai elemen website yang berhubungan dengan conversion. Beberapa elemen website tersebut adalah

Efektivitas : Apakah pengunjung langsung mendapatkan informasi yang mereka cari ketika berkunjung ke website Anda? Misalkan, apakah mereka bisa menghubungi cs atau membeli produk yang mereka inginkan dalam kurun waktu kurang dari 10 detik?

Efisiensi : Berapa lama yang pengunjung butuhkan untuk menyelesaikan aktivitas mereka (membeli produk, menghubungi cs) misalnya di website Anda? Jika website Anda tidak memungkinkan konsumen untuk membeli produk Anda dalam waktu singkat, kemungkinan besar pelanggan Anda akan meninggalkan website Anda.

Memoribilitas : Apakah pengunjung bisa menemukan kembali website Anda untuk kata kunci yang sama? Return traffic merupakan hal yang sangat penting dalam penilian algoritma Google dan berpengaruh terhadap SEO di website Anda.

Error Prevention : Error di website Anda akan berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung dan peringkat SEO. Misalkan 404 page not found error, broken link atau link yang mengarahkan ke laman yang tidak sesuai.

Semua bisnis selalu mencari cara tepat untuk meningkatkan peringkat webiste di Google. Membangun SEO untuk bisnis merupakan investasi jangka panjang dan membutuhkan proses tidak bisa jalan pintas. Jika ada yang menjanjikan Anda mendapatkan kilat dari SEO, perlu di pertanyakan kebenarannya.

Berikut adalah lima cara menaikkan peringkat website di Google

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

1. Optimasi Website Versi Mobile 

Tips ini berada yang pertama karena memang sangat penting. Dengan Google menerapkan indeks mobile first, hal yang pertama yang Anda harus lakukan adalah melakukan mobile friendly test.

Anda perlu menaruh perhatian besar terhadap website mobile friendly untuk menghindari turunnya ranking website Anda di hasil pencarian di smartphone karena tampilan nya tidak nyaman dan disukai oleh audiens. Tugas Anda adalah memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda di smartphone, tanpa mengganggu kegiatan mereka.

2. Lakukan SEO Audit

Sedikit pengetahuan mengenai struktur informasi dan website bisa menggagalkan strategi SEO terbaik sekalipun. Algoritma Google kurang menyukai website-website yang memiliki navigasi rumit. Buatlah navigasi semudah mungkin untuk pengunjung Anda. Untuk memulainya Anda bisa mempelajari dasar-dasar seo.

3. Perbaiki Waktu Loading 

Selanjutnya langkah ketiga adalah perbaiki waktu loading, karena zaman sekarang membutuhkan informasi serba cepat maka dibutuhkan waktu loading yang cepat pula baik untuk desktop atau mobile. Berberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempercepat loading website adalah sebagai berikut:

Ukuran File Gambar : Sebelum upload gambar, Anda bisa menggunakan tools kompres gambar seperti TinyPNG untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas gambar.

Script : Sebelum upload file js dan css di website sebaiknya periksa terlebih dahulu benar-benar membutuhkan? File tersebut bisa memperlambat loading website.

Cache browser : Ketika sebuah browser menampilkan sebuah halaman website, browser juga memuat sejumlah file. File-file cache tersebut tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Dengan begitu, ketika pengunjung berpindah ke laman baru, file-file cache tidak perlu dimuat lagi. Sebagian besar website mengaktifkan brwoser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke hosting atau server.

Baca juga : Cara Membuat Konten SEO Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *