menembus pasar internasional

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Menembus Pasar Internasional

Artikel

Ada kebanggaan tersendiri jika bisnis atau usaha yang kita rintis dapat berkembang bahkan sampai menembus pasar Internasional. Hanya saja untuk menembus pasar Internasional tidaklah mudah. Hal ini tentunya dilihat dari segi persaingan, kualitas dan regulasinya.

Namun begitu, Anda tidak perlu bingung. Saat ini sudah adanya internet dan juga berbagai platform yang dapat membantu memasarkan produk ke pasar Internasional. Bahkan tidak sedikit pula para dropshipper yang tidak mempunyai produk sendiri dapat berjualan hingga pasar Internasional.

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Menembus Pasar International

Jika dilakukan dengan benar, tips menembus bisnis pasar Internasional sudah pasti mendapatkan keuntungan dan menambah pendapatan. Semakin berkembang bisnis Anda, semakin banyak orang menemukan nilai apa yang Anda tawarkan di bisnis tersebut.

#1 Pahami Regulasi Yang Berlaku

Yang Pertama Anda perlu lakukan adalah memahami regulasi yang ada tentang perdagangan Internasional. Terutama jenis apa saja yang boleh diperjual belikan, pajak, serta transaksi maupun pengiriman barang/jasa.

#2 Riset Pasar Luar Negeri

Setelah memahami regulasi, saatnya lakukan riset pasar luar negeri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui / mencari informasi mengenai selera atau kebutuhan konsumen di luar negeri. Sehingga produk/jasa yang Anda tawarkan bisa memberikan solusi yang mereka cari.

Anda bisa meriset melalui beberapa platform luar negeri untuk mencari informasi seperti produk yang populer dan terlaris, harga produk/jasa, hingga melihat review para pembeli terhadap produk/jasa tersebut.

#3 Tingkatkan Terus Standar Produk/Jasa Anda

Seringkali pasar internasional sulit menerima produk lokal karena kualitas yang jauh dari standar internasional. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan menembus pasar internasional, tingkatkan dulu kualitas produk Anda sesuai standar internasional. Pada umumnya pasar internasional lebih mengutamakan kualitas produk, sehingga mereka rela mengeluarkan lebih banyak uang asalkan produk yang mereka beli terjamin kualitasnya.

#4 Bidik Target Pasar dengan Website/Platform E-commerce dan Iklan

Setelah nomor 1-3 sudah Anda persiapkan, langkah berikutnya adalah membidik target market dan penetrasi ke pasar internasional melalui digital.

Anda bisa membuat website sendiri menggunakan platform E-Commerce seperti WooCommerce, Shopify, BigCommerce dan lain sebagainya. Anda buat katalog produk Anda di sana dan untuk pemasarannya gunakan Facebook Ads atau Instagram Ads.

Namun jika model bisnis Anda adalah B2B, Anda bisa membuat website sendiri dan memasarkan produk Anda melalui Google Ads. Prinsipnya adalah pembeli yang mendatangi Anda melalui pencarian di mesin pencari.

Setelah semuanya Anda pelajari hal yang perlu dilakukan untuk menembus pasar Internasional, saatnya jangkau pangsa pasar Anda melalui website sebarkan informasi bisnis Anda, apa saja produk/jasa yang Anda tawarkan.

Karena tidak heran jika banyak perusahaan besar selalu memiliki website untuk menunjang aktivitas mereka dalam menyebarkan infromasi bisnis dan produk yang mereka jual, selain itu juga dapat membantu Anda berkolaborasi dengan perusahanaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *