Membuat Artikel Website

5 Cara Membuat Artikel Website Yang Baik dan Berkualitas

Artikel

Membuat artikel yang baik dan berkualitas tidak semudah yang kita bayangkan.. Kita harus mempersiapkan konten yang menarik dan teknik yang baik. Karena siapa pun bisa membuat artikel, tinggal ketik lalu mempostingnya.

Perlu disadari membuat artikel pada website dan buku sangat berbeda.. Di website orang-orang tidak menyukai membaca tulisan yang terlalu panjang.

Sudah kita ketik-ketik panjang tidak ada satupun orang yang baca sampai selesai. Malah meninggalkan website kita..

Akhirnya artikel kita gagal mendapatkan peringkat di Google, meskipun sudah menggunakan teknik SEO.

Mengapa demikian? karena tujuan utama orang-orang dalam melakukan pencarian di internet adalah supaya mendapatkan informasi secara cepat tidak perlu membaca panjang sampai detail.

Lalu bagaimana cara membuat artikel yang baik dan berkualitas?

Setelah memahami karakter umum pembaca, berikut cara pembuatan artikel yang baik dan berkualitas.

Pertama SEO (Search Engine Optimaze)

Pasti yang paling awal Anda pikirkan dalam membuat artikel adalah teknik SEO, jika ada berpikir seperti itu memang betul. Tetapi bagi pemula penerapan teknik SEO ini sangat susah membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Lalu bagaimana baiknya jika kita belum paham SEO? Apakah bisa?

Sebenarnya untuk mendapatkan hasil yang baik diperlukan setidaknya, pemahaman SEO dengan begitu Anda bisa membuat artikel yang bagus untuk manusia dan untuk mesin pencarian.

Untuk pemula apalagi jika Anda menggunakan CMS semisal wordpress, Anda tidak perlu pusing dalam menerapkan SEO. Dalam CMS wordpress Anda tinggal menggunakan plugin tambahan seperti YOAST atau plugin SEO lainnya, cukup mengikuti indikator yang dibutuhkan.

Kedua Riset, Riset dan Riset

Dalam menulis artikel sangat dibutuhkan riset. Untuk apa? dalam riset Anda akan mendapatkan informasi-informasi terkait materi atau topik yang akan dibahas.

a. Karakter Pembaca

Cara membuat artikel yang bagus harus mengetahui siapa pembaca Anda, yang akan berkunjung ke website Anda. Apakah anak-anak, dewasa, orang tua? Bagaimana karakter mereka?

Berbeda usia, berbeda pula cara menyampaikan informasi, bahasa yang kita gunakan pun akan berbeda.

b. Topik yang akan Dibahas

Setelah mengetahui karakter pembaca, sekarang Anda tinggal menentukan topik yang ingin Anda bahas untuk website Anda jangan sampai topik artikel yang Anda buat tidak sesuai dengan tema website Anda.

Pilihlah topik-topik yang menarik untuk dibaca dan diminati. Dengan begitu para pembaca bisa setia mengunjungi website Anda.

Ketiga Jangan Lupa Judul yang MenarikΒ 

Dalam membuat artikel agar mendapat klik atau pengunjung yang banyak pastikan judul yang dibuat harus menarik, dan sesuai dengan isi yang disampaikan.

Di ibaratkan, kesan pertama yang dilihat untuk sampai ke isi artikel adalah judul yang mereka lihat di mesin pencarian. Jika judul yang dilihat pertama kali oleh pembaca tidak menarik, pasti pembaca tidak akan membuka atau klik website Anda.

Keempat Artikel Berkualitas

Membuat artikel harus spontan dan menarik tidak lupa berkualitas dari isi artikel yang akan disajikan kepada pembaca. Semakin bagus isi artikel yang disajikan pembaca akan semakin betah dan berlama-lama di website kita bahkan akan kembali lagi berkunjung.

Jika Anda kesulitan dalam membuat artikel, Anda bisa menggunakan poin-poin penting dari materi yang akan ditulis, corat-coret terlebih dahulu di kertas atau ms. word. Jika menurut Anda sudah sesuai dan pas Anda bisa langsung memindahkannya di website Anda, jangan lupa juga memperhatikan karakter pembaca dan gaya bahasa yang digunakan.

Kelima Perhatikan Ejaan

Anda mungkin berpikir bahwa ejaan tak terlalu penting karena tidak sedang menulis tugas atau makalah. Akan tetapi dalam cara membuat artikel di website ejaan tetap penting.

Setiap penulisan dibutuhkan ejaan yang benar dan baik, agar pembaca dapat menikmati dan memahami. Pada dasar setiap ejaan yang salah akan memiliki makna atau arti yang berbeda.

Sebagai contoh penulisan ejaan “Anda” A harus menggunakan huruf kapital karena mengandung unsur nama atau sapaan. Kemudian ejaan “di” akan berbeda arti jika “di” digabung dan dipisah. Contohnya saja “di rumah” (dipisah) menandakan tempat sedangkan “dibelikan” (digabung) menandakan ejaan yang mengandung unsur kata kerja pasif.

Kesimpulan

Cara membuat artikel untuk website sebenarnya sangat mudah. Tak perlu dipusingkan dengan konsep SEO yang kadang membingungkan. Anda cukup fokus untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Karena bagaimanapun, Anda membuat artikel untuk pembaca bukan untuk mesin.

Perhatikan dengan baik 5 cara menulis artikel yang dijelaskan di atas. Setelah itu, praktikkan dalam proses pembuatan artikel. Jangan lupa untuk cek kembali artikel yang sudah dibuat. Jangan sampai ada banyak typo. Adanya kesalahan ketik seperti ini bisa mengurangi kualitas artikel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *