marketplace adalah

Mengenal Marketplace

Artikel

Mengenal Marketplace, Jenis dan Contohnya

Istilah marketplace mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Marketplace sendiri sudah “menjamur” menjadi salah satu alat penjualan yang laris bagi pembisnis online. Tak khayal perusahaan yang bergerak di bidang marketplace ini selalu menawarkan kemudahaan, keamanan dan kenyamanan untuk bertransaksi didalamnya. Begitu juga menarik para pengunjung baik sebagai pembeli atau penjual agar menggunakan platform marketplace mereka.

Di Indonesia sendiri marketplace sudah banyak sekali, setiap tahunnya nilai transaksi perdagangan online sungguh fantastik terus meningkat, karena platform ini memang sedang naik daun.

Lebih Mengenal Marketplace Itu Apa?

Marketpace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Pada dasarnya konsep marketplace sama dengan berjualan di pasar tradisional, dimana penjual yang beragam dengan berjualan produk yang sama dan pembeli yang mempunyai minat yang sama.

Situs / platform marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat jualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah departement store online.

Jenis – Jenis Marketplace

Pada umumnya marketplace di Indonesia terdapat dua jenis kerjasama yaitu marketplace murni dan konsinyasi.

1. Marketplace Murini

Kerjasama Marketplace Murni adalah marketplace yang hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace murni diberikan keleluasaan lebih banyak dibandingkan kerjasama konsinyasi.

Penjual kewajiban untuk menyediakan produk secara mandiri seperti deskripsi dan foto. Selain itu penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli, kemudian pembeli bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang disediakan marketplace.

Contoh marketplace Indonesia yang terkenal dengan konsep ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Blanja, Blibli. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah Shopee (Singapura), Lazada (Singapura), JD.ID (Tiongkok), Amazon (Amerika Serikat), dan Rakuten (Jepang).

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerjasama yang kedua adalah konsinyasi, atau istilah mudahnya adalah titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace.

Pihak situs marketplace akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama sebelumnya, di jenis kerjasama ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena semua alur transaksi ditangani oleh situs marketplace.

Perbedaan mendasarnya terletak pada tanggung jawab penjual dan alur transaksinya. Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan kerjasama konsinyasi semua alur transaksi langsung ditangani situs marketplace.

Selanjutnya Marketplace Terbesar di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *