Kenapa Harus Perpanjang Hosting dan Domain?

Kenapa Harus Perpanjang Hosting dan Domain? Ini Dampaknya

Artikel

Sudah pernah mendengar apa itu hosting dan domain?Β Jika kalian sering mengakses situs internet di browser melalui chrome atau mozilla, pasti kalian harus memasukan nama url atau link misalkan saja https://www.facebook.com. Nah, alamat url atau link Facebook itu adalah domain yang harus kalian masukan di dalam kolom browser chrome atau mozilla.

Domain sendiri berbagai macam jenis dan posisinya berada paling belakang nama website kalian dengan berakhiran .com, .id, .net, .co.id dan lainnya sebagainya.

Sedangkan hosting adalah tempat menyimpan file dari isi website ibaratkan seperti harddisk atau flashdisk yang memiliki kapasitas penyimpanan.

Jadi jika kalian yang ingin membuat website dibutuhkan keduanya hosting dan domain. Cek nama ketersedian domain bisa disini.

Kemudian hosting dan domain pun memiliki masa aktif, jadi kalian juga harus mengingat hal ini agar website kalian tetap bisa diakses.

Lalu apa dampaknya jika kalian tidak memperpanjang keduanya, Hosting dan Domain?

Banyak sekali faktor yang terjadi jika hosting dan domain kalian tidak diperpanjang, jangan sampai kalian menyesal akan hal ini.

1. Website akan di Suspen Sementara

Status domain apabila tidak dilakukan perpanjangan akan habis masa aktifnya. Sebuah domain biasanya memiliki masa aktif selama 1 tahun. Namun ada juga domain dengan masa aktif selama 2 tahun bahkan sampai 10 tahun tergantung si pemilik domain ketika melakukan pendaftaran domain dengan kontrak berapa lama yang dipilih.

Ketika kamu tidak melakukan perpanjangan atau lupa untuk melakukan perpanjangan domain dan hosting sampai masuk masa expired domain dan expired hosting, domain kamu akan di suspend sementara (sampai batas waktu tertentu) sehingga website tidak dapat diakses. Apabila masih dalam masa renewal grace period, kamu masih bisa me-renew atau memperpanjang domain tersebut dengan harga normal. Lamanya renewal grace period adalah 30 hari tergantung ekstensi domain. Biasanya website yang masuk ke dalam masa ini ketika diakses akan diganti dengan halaman parking iklan.

2. Harus Membayar Denda Keterlambatan

Jika kamu tidak juga melakukan pembayaran atau terlambat membayar perpanjangan domain lebih dari 45 hari, maka status domain telah diambil registry domain dan jika kamu ingin memperpanjang domain tersebut, maka kamu harus membayar denda keterlambatan sebesar 10x lipat dari masa perpanjangan domain. Hal ini berlaku dimana saja dan hanya bisa dilakukan 5 hari saja untuk pembayarannya. Jika masih belum dibayarkan juga, domain kamu akan masuk ke dalam tahapan pending delete.

3. Email Domain Tidak Bisa Digunakan

Jika kamu lupa perpanjang domain dan hosting maka secara otomatis kamu tidak dapat menggunakan fitur-fitur didalamnya termasuk email domain. Email domain adalah salah satu fasilitas yang ada di web hosting yang bisa digunakan. Dengan email domain, kamu dapat mengirimkan email menggunakan nama domain yang kamu miliki tidak lagi menggunakan email Gmail atau Yahoo.

4. Domain Bisa Diambil Orang

Dalam waktu 5 hari setelah masa redemption selesai masih belum diperpanjang juga, domain kamu akan masuk ke dalam tahapan pending delete. Periode pending delete merupakan masa penghapusan domain dari database ICANN dan biasanya hanya berlangsung selama 3-5 hari. Setelah itu, domain tersebut menjadi domain yang available lagi dan bisa diregistrasikan kembali oleh siapapun baik oleh pemilik sebelumnya atau orang lain. Jadi domain yang tidak diperpanjang bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari dari tanggal expired.

5. Pengunjung Bingung dan Membuat Reputasi Website Menurun

Hal lainnya yang bisa saja terjadi ketika kamu lupa atau tidak perpanjang domain dan hosting adalah website kamu tidak dapat diakses. Banyak sekali kerugian yang akan kamu alami ketika website kamu sudah tidak bisa diakses, apalagi jika website yang kamu gunakan tersebut adalah berupa toko online.

Saat ada pengunjung mencoba mengakses website kamu, namun kondisinya saat itu website kamu sudah tidak dapat diakses, apa yang ada dipikiran pengunjung? Pastinya pengunjung kamu akan merasa bingung. Apalagi jika pengunjung kamu tersebut merupakan pelanggan setia toko online kamu. Yang tadinya ingin membeli produk yang kamu jual, karena website sudah tidak bisa diakses, pelanggan setia kamu lama kelamaan akan kabur dan beralih ke toko online sebelah.

Kalau sudah seperti itu, reputasi website kamu lama kelamaan akan turun dengan sendirinya karena pelanggan setia mulai meninggalkan website kamu dan pergi ke toko online yang reputasi websitenya bagus dan bisa di akses dengan baik. Coba kamu bayangkan, berapa kerugian yang akan kamu terima?

6. Ranking SEO Otomatis Akan Turun

Dampak berbahaya lainnya karena lupa domain adalah ranking SEO kamu akan turun. Website kamu sudah pasti tidak akan menjadi urutan teratas pada search engine.

Itulah dampak yang bisa kalian alami jika tidak melakukan perpanjangan hosting dan domain. Jadi jangan sampai lupa ya catat tanggal berakhir hosting dan domain kalian agar tidak lupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *