cara upload file website

Cara Upload File Website Ke Hosting Lewat Cpanel

Artikel

Sebagian besar bagi pemula bahkan sekelas developer website untuk membuat dan merancang suatu website tidak harus selalu online, terkadang mereka menggunakan localhost atau server local terlebih dahulu. Setelah merasa cukup dengan hasilnya barulah  mereka upload dan online-kan agar bisa diakses oleh banyak orang.

Kendalanya bagi yang belum memiliki hosting dan domain bisa hubungi kami, jika bagi yang sudah memiliki hosting bisa langsung memindahkan file website dari server lokal atau localhost ke hosting lewat cpanel. Langkah-langkahnya bisa kalian ikuti dibawah ini!

Cara Hosting Website

Pertama yang perlukan secara umum adalah

* File website yang ingin dipindahkan, usahakan file tersebut bisa kalian compress terlebih dahulu menjadi .zip. Jika file tersebut banyak dan kapasitasnya besar silahkan bagi menjadi beberapa file .zip

* Database yang digunakan, silahkan kalian export terlebih dahulu melalui xampp phpmyadmin nanti akan muncul dengan format .db

* Konfigurasi di hosting Cpanel (Upload file, upload database dan singkronisasi database)

Dalam proses upload file website ke dalam hosting ini, kita beranggapan kalian sudah memiliki hosting, domain dan melakukan tahap awal dengan meng-compress file .zip dan export database .db

Konfigurasi Hosting Cpanel

1. Silahkan masuk terlebih dahulu ke akun cpanel kalian, biasa dengan menggunakan alamat url domainanda.com/cpanel lalu ketikan user dan password yang sesuai.

2. Langkah kedua ini kalian langsung pilih menu MySQL® Databases lalu buatlah nama database, akun user dan tambahkan pengguna ke database lalu beri tombol centang pada bagian ALL PRIVILEGES lalu klik make changes

3. Setelah membuat database tadi kalian masuk ke menu phpadmin lalu pilih database yang dibuat, pilih menu import dan pilih database nya yang telah di export td lalu tekan kirim.

upload file website ke hosting

Maka proses upload database dari server local ke hosting telah sukses.

4. Pada langkah keempat ini, kita akan meng-upload file website kedalam hosting. Silahkan kalian plilih file manager > public_html > upload. Upload file website yang sudah kalian compress .zip tadi dengan menekan tombol select file atau drag file kedalam area yang tersedia.

upload file website ke hosting

Tunggu hingga proses upload selesai.

5. Setelah proses upload file website selesai kembali ke file manager, file website berupa compress .zip akan terlihat silahkan kalian extract dengan menekan klik kanan pada file tersebut pilih extract.

Hasil extract bisa kalian lihat

upload file website ke hosting

6. Tahapan singkronisasi database

Setelah semua terupload, maka hal yang harus anda lakukan yaitu mensinkronkan konfigurasi database di hosting dengan pengaturan pada website. Edit pengaturan database anda. Biasanya terletak di file koneksi.php, connect.php atau database.php.

Ubah dan sesuaikan data berikut dengan data database Anda:

      • db_name: (nama database MySQL)
      • db_user: (username database MySQL)
      • db_password: (password user MySQL)

Kesimpulan

Nah, itu tadi cara hosting website yang bisa kalian coba. Cukup mudah, bukan? Pastikan kalian melakukannya dengan benar mulai dari pembuatan database hingga penempatan file pada direktori public_html.

Jangan lupa untuk menggunakan cara upload website ke hosting sesuai dengan kebutuhan website kalian. Bisa menggunakan File Manager sebagai cara termudah. Atau bisa dengan FTP Client jika file website Anda cukup besar.

Pastikan juga website kalian berada di public_html bukan didalam folder seperti ini public_html > nama folder > file web tapi public_html > file website kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *