riset keyword

Cara Riset Keyword

Artikel

Cara Riset Keyword

Hal yang perlu dilakukan pertama kali dalam membuat konten adalah keyword, mengapa? Karena dengan menentukan keyword terlebih dahulu kita dapat membuat barisan konten dan judul dengan mudah.

Tetapi menentukan keyword tidak semudah yang bayangkan, dibutuhkan riset yang mendalam agar mudah ditemukan oleh penggunan di mesin pencarian. Jadi strategi keyword apa aja yang harus kita siapakan ?

Jenis-jenis keywords

Anda harus paham terlebih dahulu bahwa strategi dan keyword khusus yang harus Anda lakukan adalah dengan cara riset keyword di Google. Riset keyword ini penting karena Anda harus tahu bagaimana strategi website yang Anda miliki bisa terlihat. Riset keyword adalah bagaimana menemukan kata kunci yang cocok dengan website yang kita miliki.

Keyword yang sesuai akan berpengaruh terhadap performa ketika sudah masuk di mesin pencari Google. Supaya dapat meningkatkan performa ada yang harus diperhatikan dalam memahami riset keyword ini. Berikut beberapa jenis keyword yang harus Anda ketahui:

1. Short Tail Keyword

Keyword ini terdiri dari satu atau dua kata dasar seperti laptop, laptop gaming, harga laptop, merk laptop dll. Biasanya menggunakan short tail keyword ini memiliki pesaingan yang tinggi karena sangat umum dan dipakai orang banyak.

2. Long Tail Keyword

long tailed yoast
Source : Yoast

Keyword ini terdiri dari gabungan lebih panjang bisa 3 sampai 5 kata seperti laptop gaming murah, harga laptop murah acer, beli laptop murah asus dll. Bagi Anda yang masih pemula bisa menggunakan keyword seperti ini lebih direkomendasikan karena tingkat pesaingan yang cenderung lebih rendah dan mudah tampil di halaman Google.

Kekurangan jenis keyword ini adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword, selain itu juga sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.

3. Keyword Musiman

Keyword musiman ini adalah keyword yang hanya populer sementara atau bersifat musiman. Seperti contoh, event musik tahun 2019, hasil pertandingan bola antara chelsea dan barcelona dll.

4. Keyword Abadi

Keyword ini berbeda dengan keyword musiman atau sementara. Keyword ini biasa digunakan untuk memberikan informasi yang selalu dibutuhkan tanpa harus update dan selalu dicari orang-orang kapanpun. Contohnya: cara meredakan demam pada anak, cara menghilangkan noda pada pakaian, cara membuat masakan rendang, dll. Keyword yang tertera terkait dengan kehidupan atau kebutuhan sehari-hari.

Cara Riset Keyword dengan Mudah

Penggunaan keyword ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan trafik website. Riset keyword juga bisa memberikan analisa pesaingan seberapa besar pesaing kata kunci yang sama dengan yang kita gunakan.

Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana cara meriset keyword? Google sendiri memiliki 2 tools yang bisa membantu Anda melakukan riset keyword yaitu dengan Google Planner dan Google Trends.

1. Google Planner ini memiliki manfaat untuk mengetahu estimasi trafik dari target keyword yang digunakan dan membantu mencari keyword yang relevan sesuai dengan niche website kita.

2. Google Trends ini bertujuan untuk memberikan insight pada orang-orang terkait semua hal yang mereka cari di Google. Google Trends juga memberikan saran long tail keyword yang masih berkaitan dengan yang Anda cari secara real time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *