seo on page

Cara Optimasi SEO On Page

Artikel

Langkah Optimasi SEO On Page Pada Website

Dalam SEO, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar website bisa naik peringkat di hasil pencarian dengan cepat. Untuk memudahkan optimasi SEO dibagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan Off Page. Disini kita bahas penggunaan optimasi SEO On Page terlebih dahulu.

Pengertian SEO On Page

Seo On Page adalah cara optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang akan diterbitkan. Langkah optimasi SEO On Page fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Secara sederhananya cara optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami pembaca website.

Tak hanya itu, SEO ini memudahkan mesin pencari untuk memahami konten dan relevansi website Anda dengan kata kunci yang dicari.

Berikut cara optimasi SEO on page untuk website:

1. Gunakan Permalink SederhanaΒ 

Permalink sederhana akan mudah dikenali oleh mesin pencari, idealnya permalink cukup mengandung keyword yang Anda targetkan.

Misalkan Anda mencari harga jam tangan. Permalink yang ideal untuk konten ini seperti www.websiteanda.com/harga-jam-tangan

2. Buat Judul Konten yang Menarik

Buatlah judul yang semenarik mungkin, kenapa? sebagian orang akan mengklik sebuah website dengan judul dan deskripsi konten yang menarik sesuai dengan informasi yang diberikan.

3. Tambah Gambar atau Video

Konten yang berisikan hanya teks saja tentu sangat membosan bagi pembaca. Setidaknya Anda bisa menambahkan sebuah gambar atau video untuk memancing daya tarik yang tinggi.

4. Optimasi Gambar

Dalam poin ketiga pastikan gunakan gambar yang ukurannya tidak terlalu besar karena akan memperlambat loading website Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan ukuran gambar berukuran dibawah 100KB.

Selain itu tambahkan nama pada alt text sebagai keyword untuk membantu Google menampilkan Gambar Anda di Goole Search Image.

5. Manfaat Heading dan Subheading

Dengan menambahkan heading dan subheading ini akan memudahkan pembaca. Anda bisa membuat struktur konten menjadi lebih jelas dan mudah dipahami.

6. Letakan Fokus Keyword di Kata Pertama

Selain judul, pada paragraf pertama harus diberikan setidaknya keyword yang cocok dengan 100 kata pertama, jika tidak memungkinkan Anda bisa membuat paragraf pertama yang menarik dan jelas sehingga pembaca langsung paham dengan artikel yang dibahas.

7. Gunakan Tema Responsif

Maksudnya adalah tema yang bisa diakses di semua perangkat apapun. Baik di desktop, tablet atau smartphone, website bisa diakses dengan baik dan responsif.

8. Sisipkan Outbound Link

Outbound link adalah link yang merujuk ke halaman website lain yang masih terkait dengan konten yang Anda bahas.

9. Maksimalkan Internal Link

Selain outbound link Anda pun bisa menambahkan internal link dimana Anda bisa mensisipkan link yang ada di website Anda ke halaman lain di website Anda.

10. Tingkatkan Kecepatan Website Anda

Loading website yang lama akan mengakibatkan pengunjung merasa kesal dan frustasi akhirnya meninggalkan website Anda. Semakin banyak yang meninggalkan website Anda, semakin tinggi pula bounce rate nya. Bounce rate ini semakin tinggi tentunya akan berpengaruh pada kualitas SEO Anda. Anda bisa menggunakan salah satu tools ini untuk mengeceknya Google PageSpeed Insight.

11. Perhatikan Panjang Konten

Jumlah kata dalam konten setidaknya harus mempunyai 3000 kata. Dengan begitu Anda bisa bersaing dengan konten lain yang sejenis pada kompetitor Anda. Selain itu juga berikan konten yang berkualitas dan Solutif bagi pembaca.

PenutupΒ 

Itulah cara optimasi SEO On Page, dengan menerapkan langkah-langkah diatas, Anda bisa meningkatkan kualitas SEO on page dengan baik. Setelah optimasi SEO on page sebaiknya Anda melakukan SEO off page agar lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *