Meningkatkan Keamanan Website

Tips Cara Meningkatkan Keamanan Website

Artikel

Tahukah Anda menurut sumber codeinwp.com penggunaan website berbasis wordpress terdapat lebih dari 90 ribu serangan hacker setiap menitnya. Pada dasarnya hacker menyerang website-website untuk mendapatkan data pribadi pengunjung, mencuri uang, pemerasaan ataupun teror.

Untungnya ada beberapa cara untuk meningkatkan keamanan website Anda. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan tips keamanan website walaupun tidak terlalu paham dengan wordpress sekalipun.

Berikut beberapa tips keamanan website

1. Pastikan Hosting Anda Aman

Pilih penyedia hosting yang mempunyai fitur / teknologi keamanannya yang baik dan ekstra seperti teknologi kemanaan Imunify360, Patchman Security, atau BitNinja Security.

Dengan begitu website Anda bisa aman dari serangan hecker, malwer, dan virus berbahaya yang dapat merusak data Anda.

2. Instal Plugin Keamanan

WordPress merupakan platform yang disediakan secara gratis dengan begitu sering kali banyak celah untuk hacker membobol website Anda. Maka diperlukan tambahan plugin keamanan yang dapat meningkatkan keamanan website Anda. Berikut beberapa plugin rekomendasi yang bisa Anda coba.

    • iThemes Security—tersedia versi gratis dan berbayar. iThemes Security mampu mendeteksi plugin berbahaya, software yang usang, dan password yang lemah.
    • Wordfence Security—sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Wordfence Security menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin, dan masih banyak lainnya.
    • SecuPress Free—walaupun gratis, tapi berkualitas tinggi. SecuPress mempunyai fitur seperti Anti Brute Force Login, blokir IP, malware scan, dan lain segudang fitur lainnya.

Sebenarnya, ada banyak sekali plugin keamanan web yang bisa Anda coba selain tiga di atas.

3. Pasang SSL

SSL adalah komponen yang tidak terpesahkan dari website pada saat ini. SSL membuat pertukaran data antara website Anda dengan pengunjung menjadi aman. Kenapa SSL bisa mengamankan website Anda? Kami berikan contoh di bawah ini.

Misalnya, saat pengunjung memasukkan nomor kartu kredit mereka, SSL akan mengenkripsi data tersebut sehingga hacker tak akan bisa membacanya. Karena hacker tersebut tak memiliki “kunci” untuk membuka gembok enkripsi data itu.

4. Update Website Anda

Jika Anda pengguna wordpress pasti selalu mendapatkan pemberitahuan mengenai update versi terbaru seperti theme, plugin hingga wordpress di halaman dashboard Anda.

Sebaiknya Anda update semua jika mendapatkan pemberitahuan tersebut agar mendapatkan versi terbaru dan juga meningkatkan kemananan website yang lebih baik.

5. Gunakan Password dan Username yang Kuat

Usahakan Anda menggunakan password dan username yang kuat karena dengan begitu hacker akan membutuhkan waktu lama membobol website Anda sehingga keamanan website Anda terjaga.

6. Ganti URL Login

Pada umumnya penggunan wordpress agar dapat masuk kedalam dashboard dengan menggunakan URL www.domain.com/wp-admin atau /wp-login dan hacker juga tahu mengenai celah keamanan ini.

Disarankan Anda untuk menganti URL login tersebut dengan bantuan plugin ataupun dengan cara manual.

Dari 6 Cara tersebut Anda bisa terapakan dengan mudah, jika ingin menambahkan keamanan lebih Anda dapat mengintal Antivirus, menggunakan 2-Factor Authentication, batasi percobaan login, Logout Otomatis dan perlindungan DDos.

Lindungin keamanan website Anda dari serangan hacker, meskipun cara diatas tidak menjamin 100% tetapi cara tersebut bisa membuat hacker kesulitan dalam melakukan aksinya. Jadikan keamanan website Anda salah satu prioritas utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *