cara mengelola website

Cara Mengelola Website Bagi Pemula

Artikel

Ikuti langkah berikut, cara mengelola website bagi pemula

Mengelola website bagi pemula memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena pada dasarnya dibutuhkan keterampilan khusus dibidangnya. Agar website bisa bersaing di mesin pencari (goolge) diperlukan upaya yang maksimal.

Bagi pemula dibutuhkan banyak pemahaman agar pengelolaan yang dilakukan dapat menghasilkan atau mencapai tujuan yang Anda harapkan. Entah tujuan itu mendapatkan kunjungan yang banyak disetiap halamannya atau berhasil dalam penjualan produk yang ditawarkan di website Anda.

Pentingkah Mengelola website?Β Β 

Banyak sekali pertanyaan berapa pentingkah mengelola website? Sebenarnya tergantung pandangan kita kedepannya website yang kita punya akan dijadikan apa misal hanya sekedar punya website atau ingin menjadikan investasi di kemudian hari maka dibutuhkan pengelolaan website yang baik dan maksimal.

Berikut ini apa saja yang Anda harus dilakukan dalam melakukan pengelolaan website bagi pemula:

1. Menulis Konten yang relevan dengan isi website Anda

Ketika Anda memutuskan untuk membuat website, maka Anda harus juga memutuskan apa saja konten yang relevan untuk ditampilkan di website tersebut. Usahakan konten yang dibuat saling terkaitan.

Tujuan dari keterkaitan konten ini adalah untuk menjaga agar topik bahasan dan kesesuaian target pengguna. Contohnya jika website Anda mempromosikan tentang mobil maka konten yang harus di tampilkan pun harus seputar mobil, dengan ini pengguna yang mengunjungi website Anda akan mendapatkan informasi yang relevan dan sekaligus Anda dapat mempromosikan produk jualan Anda.

2. Menyiapkan gambar dan video menarik

Setelah menyiapkan topik yang akan di tampilkan, Anda pun bisa menyisipkan gambar atau video agar dapat lebih menarik. Tujuan ini memberikan manfaat positif bagi pengunjung mendapatkan informasi lebih mudah dipahami dan membuat pengunjung lebih betah berlama di website kita.

Semakin lama pengunjung di website Anda dan diikuti konten relevan maka tingkat keberhasilan dari pengelolaan website Anda akan semakin baik. Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung yang setia dan dengan hali semakin banyak sasaran pasar yang Anda incar akan semakin luas.

Saat menyisipkan gambar atau video harus sesuai dengan isi artikel yang akan ditampilkan, jangan sampai isi artikel atau konten tidak sesuai, karena akan mempengaruhi pengunjung dan informasi yang akan disampaikan sulit dipahami.

3. Publikasikan artikel website secara berkala

Menjaga agar publikasi artikel tetap stabil bukanlah perkara mudah. Terkadang, kesibukan dan suasana hati menjadi salah satu alasan kuat tertundanya publikasi artikel.

Kenapa publikasi harus secara berkala?

Agar dapat menjaring lebih banyak pengunjung

Apa terkaitannya antara publikasi artikel dan pengunjung?

Secara logika, pengunjung website adalah orang yang ingin mencari informasi yang dibutuhkan dan dapat memberikan solusi permasalahan. Maka website sangat dianjurkan untuk memiliki artikel yang berkualitas dan jumlah artikel yang banyak.

Semakin Anda memiliki jumlah artikel yang banyak Anda pun semakin banyak memiliki kata kunci yang tertanam diwebsite Anda dan memiliki peluang untuk menempati posisi halaman pertama dari hasil pencarian. Dengan posisi tersebut maka akan meningkatkan kemungkinan adanya pengunjung baru yang masuk ke halaman website Anda dan memberikan potensi membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Evaluasi dengan Search Console dan Google Analytics

Kemudian dari cara pengelolaan website yaitu dibutuhkan evaluasi. Dari evaluasi ini sangat penting, semakin baik konten atau artikel yang dimiliki semakin bagus pula respon pengguna dan mesin pencari. Namun, tidak dipungkiri kualitas website pun berpengaruh maka dibutuhkan Jasa Pembuatan Website yang kompeten.

Evaluasi website merupakan cara mengelola website bagi pemula yang perlu untuk diperhatikan. Melalui perantara Search Console dan Google Analytics maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai website Anda. Sehingga Anda dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan dari website Anda untuk di perbaiki.

Sebelumnya jika Anda belum tahu Search Console itu apa. Seacrh console adalah layanan gratis Google yang ditawarkan untuk membantu Anda mempertahankan, memantau dan memecahkan masalah kehadiran website Anda di hasil pencaraian Google Penelusuran. Sedangkan Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung, berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan PPC, email marketing dan tautan yang terkandung dalam dokumen pdf.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan informasi bagi Pemula dalam mengelola website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *