membuat seo bagi pemula

Cara Ampuh Membuat SEO Bagi Pemula

Artikel

Cara Ampuh Membuat SEO Bagi Pemula

Belajar SEO (Search Engine Optimization) tidak akan pernah habisnya, Algoritma Google selalu diperbaharui membuat para pemilik website harus update strategi SEO terhadap algoritma Google. Sebab jika Anda menggunakan strategi algoritma lama akan sulit meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

Untuk Anda yang ingin memperbaharui strategi SEO terbaru sesuai algoritma Google. Melalui artikel ini Anda bisa belajar mengenai semua hal tentang SEO berdasarkan algoritma Google dari konsep dasar SEO hingga cara optimasi SEO on page dan off page.

Belajar SEO

Berikut lima bagian utama dalam belajar SEO, yaitu:

1. Konsep Dasar SEO
2. Optimasi SEO
3. Riset Keyword dan Membuat Konten
4. Optimasi SEO On Page
5. Optimasi SEO Off Page

1. Konsep Dasar SEO

Sebelum memulai mempelajari cara optimasi SEO, sebaiknya Anda memahami terdahulu konsep dasar SEO seperti apa.

Pada dasarnya SEO adalah langkah-langkah optimasi yang dilakukan pemilik website agar dapat meningkatkan peringkat dan mudah dicari di mesin pencari. Mengapa para pemilik website berlomba-lomba ingin mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari?

Alasannya karena sebagian besar pengunjung atau pencari informasi biasanya hanya membuka website-webiste di halaman pertama pencarian. Berdasarkan penelitian Infront WebWorks, halaman pertama hasil pencarian Google memiliki persentasi 91,5%.

Jadi Anda harus berusaha mendapatkan trafik organik yang dapat muncul di halaman pertama Google. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana Google menentukan halaman website yang layak muncul di peringkat teratas ?

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana cara kerja Google. Namun, para profesional di bidang SEO telah merumuskan beberapa indikator utama SEO yang dapat membantu para pemilik website dapat bersaing di hasil pencarian Google.

Konsep Dasar dan Indikator Utama SEO akan dibahas di artikel berikutnya.

2. Optimasi Website

Langkap optimasi SEO paling awal yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan Website Anda terlebih dahulu. Website yang belum dioptimasi hanya akan mempersulit langkah-langkah optimasi SEO Anda kedepannya.

* Optimasi Kecepatan Website
* Instalasi SSL/TSL
* Optimasi Perangkat Mobile
* Buat Sitemap XML dan HTML
* Pasang Google Analytics
* Pasang Google Search Console
* Pasang Plugin SEO

3. Riset Keyword dan Membuat Konten

Setelah optimasi website selesai, kini saatnya Anda memikirkan bagaimana membuat konten yang berkualitas di website. Konten berkualitas adalah kunci utama untuk bisa meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian Google.

* Lakukan Riset Keyword (Kata Kunci)

Sebelum membuat konten sebaiknya Anda melalukan riset kata kunci terlebih dahulu agar relevan dengan konten yang Anda buat. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan trafik yang lebih tinggi.

Cara Riset Keyword akan dibahas di artikel berikutnya.

* Buat Konten yang Lengkap dan Solutif

Konten adalah rajanya dengan konten yang berkualitas SEO akan bisa memberikan dampak yang baik. Konten yang berkualitas adalah konten yang bisa memberikan informasi dan solusi bagi pengunjung.

Cara Membuat Konten SEO Friendly akan dibahas di artikel berikutnya.

4. OptimasiΒ  SEO On Page

Setelah membuat konten, Selanjutnya Anda harus mengoptimasikan konten tersebut agar bisa naik di peringkat teratas hasil pencarian. Langkah-langkah untuk mengoptimasikan konten disebut SEO on page.

Ada banyak langkah yang harus dilakukan dari optimasi permalink, penambahan media, pemanfaatan heading, hingga pengaturan link open in new tab.

Cara Optimasi SEO on page akan dibahas di artikel lainnya.

5. Optimasi SEO Off Page

Selanjutnya adalah optimasi SEO off page, cara optimasi ini berbeda dengan SEO on page yang berkaitan dengan faktor-faktor internal website, sedang SEO off page adalah optimasi SEO dari faktor-faktor eksternal.

Salah satu faktor eksternal tersebut adalah backlink atau outbound link. Backlink masih menjadi faktor penting SEO hingga saat ini. Namun, backlink bukan satu-satu faktor SEO off page. Masih terdapat faktor lainnya yang mempengaruhi website Anda.

Cara Optimasi SEO off page akan dibahas di artikel lainnya.

Sekian dari penjelasan tersebut semoga bisa memberikan gambar besar mengenai cara membuat SEO bagi pemula. Dengan begini Anda bisa memulai dari mana hal yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *