apa itu seo

Apa itu SEO? Konsep Dasar dan Indikator Utamanya

Artikel

Apa itu SEO? Konsep Dasar dan Indikator Utamanya

Apa itu SEO? Mungkin sebagian besar teman-teman yang baru mulai membuat website atau blog masih belum paham dan menanyakan tentang SEO. Salah satu alasannya dengan menerapkan optimasi SEO, website atau blog akan mudah dicari di mesin pencarian Google.

Apa benar tanggapan tersebut?

Secara sederhana, tanggapan tersebut benar. Dengan menerapkan SEO di dalam website atau blog kita mendapatkan keuntungan. Dalam Artikel ini akan dibahas mengenai pengertian SEO, cara kerjanya, dan indikator utama dalam SEO, hingga mengapa SEO sangat penting bagi website atau blog.

1. Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat terbaik di halaman pencarian Google. Dengan menerapkan SEO website Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian dan trafik organik pengunjung pun meningkat.

Untuk mendapatkan trafik organik yang tinggi harus mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari, dalam hal ini Google. Anda harus memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma Google, dan indikator utama SEO.

Baca Juga :Β Cara Ampuh Membuat SEO Bagi Pemula

2. Cara Kerja SEO

Mesin pencari pengguna algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati peringkat teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencarian baik Google, Yahoo, atau Bing.

Sebagian besar 90 Persen pengguna lebih banyak menggunakan Google sebagai alat pencari informasi, maka kami hanya membahas tentang algoritma Google. Google selalu memperbarui algoritmanya hingga saat ini setidaknya ada 8 major update untuk algoritma Google.

Kalau begitu, langsung saja kita bahas indikator yang utama dalam optimasi SEO sesuai dengan algoritma Google terbaru.

* Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda dan topik utama pada website. Sebaiknya URL hanya mencangkup nama domain website Anda dan diikuti dengan judul artikel. Sebagai contoh : https://wwww.namadomain.com/judul-artikel

* Penggunaan SSL/TSL

Bagi Google keamanan data bagi pengguna sangat utama, maka pada tahun 2014 Google mulai mengutamakan website-website menggunakan SSL/TSL untuk mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut.

Untuk mengecek sudah terpasang SSL/TSL pada browser akan ditandai dengan not secure.Β Jika belum sebaiknya Anda mulai memasang SSL/TSL.

* Topik Konten

Jika Anda akan membuat sebuah website sebaiknya Anda harus menentukan topik utama pada website Anda. Kenapa harus menentukan topik utama? karena Anda akan tahu konten apa saja yang akan Anda sajikan di website Anda.

Sebagai contoh, jika Anda akan membuat website mengenai Masakan. Setidaknya ada akan tahu sub topik apa saja yang akan disajikan di website Anda, misalkan tips memasak, menu favorit, masakan daerah, resep masakan atau sebagainya.

Semakin banyak konten yang membahas topik berkaitan, semakin besar kemungkinan website Anda dapat muncul dihalaman pertama. Sebab konten adalah raja, jadi konten yang berkualitas dan saling berkaitan akan mudah dikenali oleh mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *