tools cek kecepatan website

5 Tools Terbaik Untuk Cek Kecepatan Website Anda

Artikel

Kecepatan website menjadi salah satu hal prioritas bagi para pemilik website. Dengan memperhatikan kecepatan website secara berkala akan mengurangi angka bounce rate yang tinggi dan juga berpengaruh untuk meningkatkan SEO. Lalu bagaimana cara melakukan cek kecepatan website yang efektif dan efisien untuk Anda?

Tools dan Cara Cek Kecepatan Website

Dalam melakukan pengecekan website, ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk cek kecepatan webite. Apa saja toolsnya?

Google Pagesped Insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO. Pada tahun yang sama, Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lamban. Nilai loading website dengan angka 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

Pingdom

Pingdom adalah salah satu tools monitoring website paling terkenal saat ini. Kliennya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik. Namun, jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Sebab yang paling penting dari cek kecepatan website di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

GTMetrix

Selain Pingdom, GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis untuk cek speed website yang layak Anda gunakan. Cara penggunaannya yang mudah dan gratis cocok untuk pemula. GTMetrix menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman website sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga Anda bisa meningkatkan kecepatan dari website Anda.

Anda juga bisa menyimpan analisa hasil cek kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir. Dan manfaatkan data ini untuk semakin meningkatkan kecepatan website Anda.

Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer karena kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba. Anda bisa secara mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian Anda bisa mengecek kecepatan website situs Anda dan mendapatkan laporannya.

Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools adalah kemampuannya untuk memblokir request. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan berapa banyak overhead dari layanan dari pihak ketiga di website Anda. Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse. LightHouse adalah software open source untuk meningkatkan kualitas halaman website.

WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes untuk mengecek kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

Demikian lima tools yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan website Anda. Apakah Anda juga memiliki rekomendasi tools untuk cek kecepatan website lainnya? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Dan jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website profesional, maka Anda bisa menghubungi kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *