sukses bisnis website

5 Tips Sukses Berbisnis Melalui Website Pribadi

Artikel

5 Tips Sukses Berbisnis Melalui Website Pribadi

Dalam dunia modernisasi website saat ini menjadi salah satu alat komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan informasi. Berikut ini 5 tips sukses berbisnis melalui website pribadi:

1. Pahami tujuan Anda membuat website

Sebagai pemilik website Anda tentunya harus tahu tujuan website yang Anda akan membuat. Hal ini akan berdampak untuk menentukan arah isi website Anda dan menu apa saja yang nantinya akan di tampilkan. Biasa tujuan dari pembuatan website sebagai alat promosi suatu merk produk jasa / barang, memberikan informasi atau membangun relasi dan sebagainya.

2. Temukan masalah yang dihadapi pasar

Produk merupakan komponen yang paling vital dalam berbisnis. Dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan potensi pasar. Apa yang terjadi jika produk jasa / barang yang kita tawarkan tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar akan gagal! Kenapa gagal? Karena produk yang kita tawarkan tidak dapat menyelesaikan masalah konsumen. Maka harus dipikirkan matang-matang produk jasa / barang yang kita akan pasarkan kepada calon pelanggan, atau Anda bisa dengan cara meriset terlebih dahulu kebutuhan pasar.

3. Paham akan produk yang kita jual

Sebagaian besar pemilik usaha masih belum paham akan produk yang mereka jual atau tawarkan kepada calon pelanggan. Maka sangat dianjurkan Anda paham akan produknya terlebih dahulu dari segi keuntungan dan ruginya agar dapat memberikan informasi yang sesuai.

Baca Juga : Ingin Membuat Website? Perhatikan 5 Hal Berikut

4. Riset pasar dan analisa kompetitor

Kenapa dalam penjualan Anda harus melakukan riset pasar dan analisa kompetitor? Karena Anda tidak bisa memulai bisnis hanya sekedar asumsi pribadi.

Anda membutuhkan data objektif sebagai fondasi yang kuat. Melalui riset pasar ini Anda mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari dengan data-data yang ada, bukan dari opini atau asumsi pribadi.

Analisa kompetitor pun sama menjadi faktor penunjang kesuksesan berbisnis. Anda bisa mengecek website kompetitor dengan kata kunci tertentu dan melihat tampilan informasi yang disajikan, promo yang mereka tawarkan dan bagaimana cara mereka menggiring pengunjung untuk menghubungi mereka.

Kemudian Anda bisa mencari perbandingan dari kompetitor Anda tersebut, apa kelebihan dan kekurangan mereka. Dengan informasi tersebut Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Memilih jasa website yang tepat

Mencari produk yang murah dan berkualitas merupakan keinginan konsumen. Akan tetapi untuk website jika Anda salah memilih vendor yang memberikan harga murah atau mahal sebaiknya cek n ricek terlebih dahulu. Apakah penawaran yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika Anda hendak memilih vendor untuk membuat website, ajukan 5 pertanyaan ini kepada diri Anda.

* Apakah saya sudah paham gambaran website yang akan dibangun untuk website saya sendiri?
* Apakah mereka mampu membuat website sesuai dengan kebutuhan dan anggaran?
* Bagaimana cara memperpanjang domain dan hosting setiap tahunnya? Apakah vendor bersedia membantu?
* Jika sewaktu-waktu website mengalami masalah, apakah vendor siap memberikan support?
* Setelah website selesai dibangun, bagaimana cara saya mengelola website tersebut?

Demikian tips sukses berbisnis melalui website pribadi, semoga memberikan manfaat bagi Anda yang ingin berencara memiliki website untuk kebutuhan pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *